Selasa, 09 Juli 2013

Bahaya Coklat bagi Anjing

Bagi manusia coklat adalah makanan yang melezatkan. Namun tidak untuk anjing, coklat adalah makanan yang mematikan bagi anjing. Seringkali sewaktu kita makan coklat tanpa sadar atau dengan kesadaran tinggi kita memberikan sebagian kecil coklat tersebut pada anjing peliharaan. entah karena kasian atau karena anjing kita menyukainya (pada dasarnya anjing menyukai makanan manis)
Coklat mengandung menthylxanthine yang disebut theobromine. Theobromine ini sangat toxic ketika dikonsumsi anjing dalam jumlah tertentu. 3 komponen methylxanthine sering ditemukan pada makanan manusia, yaitu kafein, theophyline, dan theobromine.

Kafein sering ditemukan dalam kopi, teh dan minuman soda. Theophyline terutama ditemukan pada teh. Theobromine yang mengandung paling banyak methylxanthine didapat pada buah kakoa dan produk coklelat. Aksi utama dari komponen xanthine di tubuh ialah pada bagian system syaraf pusat, cardiovascular, ginjal, otot polos, dan muskoloskeletal. Theombromine memiliki aksi khusus melemaskan otot polos, mendilatasi arteri koronari, diuretika dan stimulasi jantung. Meskipun bukan merupakan masalah klinis yg sering ditemukan, keracunan theombromine pada anjing dapat mengancam nyawanya jika itu terjadi. Penelitian toksisitas telah menunjukan bahwa perbandingan dengan bebarapa species lain, anjing biasanya tidak sensitive dengan efek fisiologis dari theombirine. Pengaruh theombirine terjadi pada hasil yang lebih rendah dari metabolisme theombirine. Pengaruh nampak pada half life yang lebih panjang di peredaran darah dan jaringan. Setelah pemberian dosis tunggal, half life dari theobromine di plasma pada anjing dewasa masih ada dalam waktu 17.5 jam. Sebagai perbandingan, waktu paruh theombromine pada manusia hanya 3 jam. Penelitian ini telah dijadikan teori bahwa lamanya waktu paruh di anjing dapat menjadi potensi terjadinya reaksi keracunan theombromine akut setelah anjing mengkonsumsi makanan yang mengandung coklat. Gejala keracunan theobromine pada anjing biasanya muntah, diare, nafas terengah-engah, keletihan, meningkatnya urinasi ataupun urinasi yang tidak terkontrol dan kejang otot. Kejadian ini biasanya terjadi sekitar 4 sampai 5 jam setelah anjing mengkonsumsi makanan mengandung coklat. Awal terjadinya kejang pada keseluruhan anggota gerak, memiliki prognosis yang buruk pada kebanyakan kasus dan sering mengakibatkan kematian. Keracunan theombromine, dapat di tangani dengan memberikan obat perangsang muntah sesegera muingkin setelah anjing mengkonsumsi coklat. Activated charcoal (arang) yang dihancurkan dan campur air dapat diberikan untuk mengurangi penyerapan racun ke peredaran darah. Sayangnya tidak ada antidota yang spesifik untuk keracunan theombromine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar